Sabtu, 03 Januari 2009

BIOGRAFI PEMBINA YMAN


Profil Singkat
Ust. DR. Saripudin Damang, S.Ag, dilahirkan di Jambi melalui seorang ibu berdarah Jawa yang bernama Surtinah (almarhum di usia 50th-an) binti Kastam, dan Ayah berdarah bugis (kp. Gilireng Sulawesi) yang bernama Fuang Damang (Alm 93th-an) bin Fuang La Matto` bin Fuang Slangka.

Setting-Historical Keturunan
Fuang Damang sang ayah, sebenarnya juga seorang ahli spiritualis ahli hakekat yang cukup disipliner dalam meng-aplikasikan sir hakekat dalam real-life sehari-hari. Versi ilmu hakekat yang didalami sang ayah adalah interpretasi ilmu hakekat Islam versi Ulama Sulawesi yang dipelajari melalui didikan langsung Fuang La Matto` (meninggal di usia 120th-an) dan Imam Fuang Slangka (meniggal di usia 150th-an). Baik sang ayah maupun sang kakek buyut dan cicit dikenal oleh masyarakat di kampungnya saat itu sebagai ahli agama dan orang berilmu tinggi (sakti-red). Sang Cicit (IMAM FUANG SLANGKA) semasa hidupnya dikenal sebagai orang aneh dan disegani oleh siapa saja di kampung GILIRENG dan Sulawesi Selatan. Disegani karena ilmu hakekat Sulawesi yang dimilikinya dan dianggap aneh karena hanya memiliki kumis sebelah sejak dilahirkan. Sedangkan sang Ayah (Fuang Damang) semasa hidupnya ketika pernah tinggal di Sungai Lokan dan daerah-daerah ilir Jambi lainnya, sangat disegani berbagai kalangan baik dari golongan putih maupun hitam. Di antaranya banyak pimpinan perampok dan bajak laut pada masa itu tunduk dan segan apabila harus melewati wilayah di mana Fuang Damang tinggal. Dan sering kali juga pada masa itu, apabila aparat ingin menangkap anggota perampok, maka harus bertanya lebih dahulu kepada beliau. Tambahan, pada masa itu, rata-rata perampok terutama pimpinan gembong perampok ataupun bajak laut semuanya mempunyai ilmu-ilmu sakti seperti kebal, menghilang, melepaskan borgol, dll.
Selanjutnya dengan pergolakan pemerintah Indonesia yang masih belum stabil pada saat itu di samping adanya pemberontakan Laskar Kahar Muzakkar sehingga dimensi politik daerah menjadi sangat tidak stabil dan berpengaruh terhadap segala bidang terutama dalam hal ekonomi, akhirnya sang ayah muda yang lahir di Sulawesi ini, memutuskan merantau ke pulau Jawa. Di pulau Jawa inilah sang ayah bertemu dengan seorang wanita bernama Surtinah dan akhirnya menjadi istrinya. Sang ayah memutuskan membawa istrinya merantau di Sumatra. Setelah berekiling ke beberapa provinsi akhirnya sang ayah menetap di Jambi sampai akhir hayatnya di usia 93th-an. Pada generasi berikutnya, darah kental kehidupan spiritual 3 generasi inilah yang menurun kepada anak cucu mereka sebagai fondasi spiritual yang cukup kental. Salah satu di antaranya kepada Ust. DR. Saripudin Damang, S.Ag yang saat ini membuka sebuah Majlis khusus untuk meneruskan dalam mengajarkan fondasi ilmu hakekat kepada masyarakat umum demi memperkuat iman kepada Allah sekaligus sebagai salah satu metode Personal Syi`ar Islam.

Latar Belakang Pendidikan Intelektualitas-Spiritual
Darah spiritual dari sang ayah dan kakek buyut serta cicitnya menjadi dasar yang cukup kuat dalam menjadikan sang ustaz menyenangi dunia spiritual. Di samping itu, sejak masih kecil sang ustaz juga sudah mendapatkan tempaan agama yang cukup kuat dan penuh disiplin dari ayahnya.

Setamat Sekolah Dasar (pagi) dan Madrasah Ibtidaiyah (sore), sang ustaz melanjutkan pendidikan agamanya di Pondok Pesantren As`ad Olak Kemang Seberang Kota Jambi selama 6 tahun yang di bawah pimpinan KH Najmi anak dari pada all-Mukarrom Waliyullah Tuan Guru Syeikh Abdul Qodir Ibrohim (ALM) salah seorang Ulama Besar Mufti se-Sumatra pada zamannya. Selama nyantri di pesantren ini, ustaz dikenal murid yang rajin, pandai dan selalu ranking (antara ranking 1, 2, 3 bergantian dengan siswa lainnya). Di Pesantren As`ad inilah pula sang ustaz meningkatkan dasar ilmu agamanya kepada beberapa Syeikh Guru (Ulama Tuo: red) dengan berbagai disiplin ilmu agama. Di antaranya kepada Tuan Guru KH Shomad Mahfuz (Alm) ahli Qur`an, Tuan Guru KH Shomad Gemuk (Ahli Ilmu Fiqh dan Ilmu Falaq), Tuan Guru KH Daud (Ahli Ilmu Tasawwuf), dan Tuang Guru Sirojuddin (Ahli Ilmu Mantiq) serta beberapa Guru Tuo lainnya yang sebagian besar sudah meninggal dunia. Semoga Mereka semua diridoi oleh Allah Amin.

Selanjutnya sang ustaz meneruskan pendidikan agamanya di Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesanteren Wali Songo Ngabar Ponorogo Jawa Timur yang saat itu dipimpin oleh Mbah KH Ibrohim Thoyyib (Alm) dan berhasil lulus dengan predicate Cum Loud. Selama 5 tahun di pesantren ini, selain pengetahuan agama, sang ustaz juga mendapatkan pengalaman pergaulan dengan berbagai adat budaya Indonesia dan Asia terutama adat suku Jawa di sekitar pesantren. Di kemudian hari, berbagai pengalaman ini cukup memberikan pengaruh terhadap pendalaman spiritual sang ustaz.

Setamat dari Wali Songo, selanjutnya sang ustaz ke Jakarta dan melanjutkan pendidikan agamanya di Pasca Sarjana UIN Syahid Hidayatullah Ciputat (yang saat itu masih berstatus IAIN) selama 2 tahun. Pada saat yang sang sama, sang ustaz mulai membuka praktek pengajaran ilmu hakekat di Ciputat. Dikarenakan banyaknya tamu dari berbagai provinsi Indonesia bahkan manca negara yang ingin belajar ataupun berobat, sering kali berbentrokan dengan waktu time studi pada Pasca Sarjana UIN. Maka hal ini, membuat studi sang ustaz terganggu dan beliau akhirnya memutuskan untuk sementara tidak melajutkan studinya yang hanya tinggal penyelesaian tesis. Namun begitu, pengetahuan agama yang diperoleh dari Pasca Sarjana ini terutama studi ilmu tasawuf dan pemikiran Islam, sangat besar dalam memberikan andil pematangan Spiritual Ilmu Hakekat sang ustaz.

Syiar Islam Melalui Dunia Spiritual-Supranatural
Sejak lulus dari Wali-Songo dan tinggal di Ciputat Jakarta,- Ustaz yang pernah memandu rubrik konsultasi problem gaib-supranatural antara tahun 2005-2006 pada majalah Hokky dan Tabloid Gaib ini- memutuskan untuk terjun secara langsung dalam dunia spiritual dan supranatural Indonesia bahkan dunia. Untuk menunjang tujuannya tersebut, beliau pun mendirikan sebuah majlis khusus, yaitu Yayasan Majlis Asma Nabawi. Melalui majlis inilah ustaz menyampaikan misi syiar Islam melalui dunia spiritual dan supranatural. Bagaimana caranya ustaz menyampaikan misi syiar Islam melalui ilmu-ilmu spiritual dan supranatural? Mengingat interface situs ini bersifat umum, maka tentang ini tidak akan disampaikan dalam situs ini, melainkan akan disampaikan secara khusus kepada seluruh siswa terutama kepada siswa program guru dalam pengkajian dan pembelajaran ilmu-ilmu YMAN.

Siswa-siswa beliau tidak hanya berasal dari Indonesia akan tetapi berasal dari berbagai negara di dunia. Beliau dengan telaten dan bersifat kekeluargaan serta dengan sabar membimbing setiap siswanya yang mau dibimbing hingga berhasil dengan baik. Baik siswa yang belajar dari dasar nol maupun siswa yang ketika belajar sudah memiliki dasar dari perguruan lain yang mungkin ingin menambah ilmu atau ilmu sebelumnya sulit dikuasai, dll, ustaz memberikan bimbingan dan petunjuk spiritualnya sesuai kemampuan otak sang murid serta kesabaran sang murid dalam menjalankan bimbingan spiritualnya. Makanya tidak heran, jika saat ini, banyak murid beliau program guru yang membuka praktek secara nasional bahkan internasional. Sebagian di antaranya, bahkan banyak yang mengiklankan diri baik melalui majalah, koran, TV, termasuk melalui dunia internet dan mempunyai nama website sendiri. Baik siswa program guru yang masih ingat dan suka bersilaturahmi dengan YMAN ataupun siswa program guru yang sudah melupakan YMAN (mungkin karena lembaga mereka sudah jauh lebih besar dan berjaya atau mungkin karena mereka merasa hanya membeli suatu barang ilmu layaknya seorang pedagang dan pembelinya bukan antara guru, murid, dan sahabat spiritual, sehingga setelah semuanya selesai dan tamat silaturahmipun dianggap putus), ustaz tetap memberikan salam dan berdo`a agar semuanya tetap berjaya serta mereka diberikan pula oleh Allah murid-murid dan pengikut yang baik, terutama berjaya di mata Allah, amin.

Keberhasilan ustaz dalam mendidik para muridnya hingga banyak yang menjadi da`i spiritualis maupun paranormal yang Islami, menjadikan beliau mendapatkan penghargaan dari Lembaga Citra Profesi Indonesia sebagai The Best Indonesian Supranatural Award. Bahkan beliau sering menerima undangan penghargaan dari lembaga lain dalam berbagai kategori, namun karena kesibukan dalam pengajarannya di samping lokasi yang terlalu jauh, sering kali beliau tidak dapat menghadiri undangan tersebut.
Ust. di Antara Pananormal Lainnya.
Sudah menjadi tradisi, ketika seseorang berani terjun dalam suatu bidang pekerjaan, maka dimungkinkan akan menghadapi banyak tantangan dan ujian. Demikian pula halnya dengan pengalaman ustaz. Selama beliau berpraktek, tidak sedikit mendapatkan serangan baik secara zahir maupun batin dari dari berbagai ahli lainnya yang berada di sekitar jabodetabek maupun dari luar jabodetabek. Terutama ketika beliau menangani kasus-kasus yang berhubungan dengan masalah santet dan sejenisnya. Bahkan sering kali ketika beliau dipanggil oleh oleh suatu keluarga karena suatu persoalan atau ketika membantu muridnya yang berpraktek di daerah namun kesulitan dalam menghadapi serangan, beliau terpaksa berhadapan langsung dengan para ahli ini. Namun beliau menghadapinya dengan tenang dan tidak pula mengembalikan serangan santet walaupun beliau diserang terkecuali kepada para penyerang yang memang sudah berlebihan dan sangat keterlaluan serta perlu disadarkan. Alhamdulilah, dengan kesabarannya, hingga saat ini beliau dapat mengatasi semua itu, dan tidak sedikit pula di antara penyerangnya yang akhirnya menjadi sahabat beliau dan menjadi lebih islami. Di antara mereka ini kebanyakan praktisi tradisional di daerah (non-iklan). Di samping itu, dengan keterbukaannya, tidak sedikit di antara rekan-rekan parnormal lainnya baik yang iklan ataupun tidak merupakan sahabat baik beliau.
Selayang Pandang Tentang Hobby
Selain mempunyai hobby mendalami dunia spiritual dan supranatural melalui rahasia esetorik dan eksetorik al-Quran sekaligus sebagai seorang praktisi dalam ke-2 bidang tersebut -yang banyak orang beranggapan bahwa ke-2 bidang tersebut suatu irational minded-, ust. DR. Saripudin Damang S.Ag juga memiliki hobby dalam dunia seni musik di antaranya playing Guitar in Melayu Ritme. Menurut beliau, apapun jenis musiknya, jika seseorang dapat memanfaatkannya dengan baik, maka musik akan dapat menjadi suatu seni tersendiri untuk meningkatkan pendalaman spiritual seseorang. Irama musik tertentu yang anda senangi misalnya, akan dapat menyentuh dan menembus relung jiwa anda sampai pada kedalaman yang tidak terbatas. Mungkin ini juga yang menjadi salah satu alasan, kenapa di antara Para Sunan Wali Songo (Anggota Dewan Wali Songo Kerajaan Islam di Asia dahulu) ada yang menggunakan seni musik sebagai salah satu metode syiar Islam mereka.

Sehubungan hal ini, ustaz belum dapat melakukan syi`ar Islam melalui pendekatan seni musik seperti halnya para sunan wali dahulu, namun begitu, sedikit kemampuannya dalam playing guitar hanya dilakukannya untuk peningkatan kualitas spiritualnya sendiri. Karenanya, orang yang mendengarkan beliau bermain guitar mungkin hanya akan mendengarkan irama musik yang kacau dan sama sekali tidak bermakna ataupun dapat dinikmati, namun bagi ustaz sendiri yang sedang playing guitar pada saat tertentu, seakan merasakan sedang melakukan suatu perjalanan spiritual yang jauh mengikuti suara alunan musik guitar yang dimainkannya. Point ini hanyalah sebagai tambahan plus undangan untuk pembaca yang kebetulan menyenangi hobby yang sama dan memiliki kemahiran dalam hal seni musik terutama playing guitar, dipersilahkan membagi pengalamannya kepada ustaz yang sedang mencari para pecinta seni musik terutama guitar.

Affiliations and Dedications
Sebagai praktisi spiritual dan supranatural ustaz berharap bahwa apa yang disampaikan dalam situs ini dapat bermanfaat untuk semua orang terutama dalam hal pelestarian berbagai seni spiritual dan supranatural baik yang murni dari Islam (hasil pengkajian dari al-Qur`an) maupun yang berasal dari budaya lokal yang sudah di-Islam-kan oleh para ahlinya. Selain itu, keberadaan situs ini, tidak lain sebagai bentuk apresiasi ustaz terhadap para murid YMAN, para sahabat spiritual Da`i Spiritualis INAM, para guru sepuh, para fakir miskin dan anak yatim dalam naungan sumbangan tidak langsung para siswa alumni YMAN, dan secara khusus kepada seluruh umat Islam di mana saja. Harapan lain pada masa ke depannya, semoga situs ini dapat sebagai pemersatu bagi seluruh alumni YMAN di mana saja.

Sebagai alumni dan penerus murid spiritual dan supranatural, ustaz juga menyampaikan do`a dan terima kasih kepada beberapa lembaga, affiliasi dan personal guru serta sahabat spiritual di bawah ini:
  • Ayahanda tercinta Fuang Damang Bin Fuang Matto` Bin Fuang Slangka yang selalu membimbing ustaz semoga segala kebaikan di masa hidupnya mendapatkan pahala dari Allah amin.
  • Ibunda Terkasih Surtinah Binti Kastam yang sudah membesarkan dan mendidik ustaz, semoga Allah memberikan sorga-Nya kepada beliau.
  • Aba tercinta Mascik Saleh Bin Muhammad Saleh Al-Basyroh yang sudah mengajarkan banyak pengalaman spiritual kepada ustaz. Semoga Allah memberikan kenikmatan Sorga-Nya kepada beliau.
  • Abang Ramli personal ahli hakekat yang telah menguji dan mempertajam berbagai ilmu spiritual ustaz.
  • Keluarga dan Sahabat Spiritual ustaz, yaitu Habib Dian Basyura di Padepokan Serumpun Bambu Melati Putih di Jambi yang telah bersedia untuk terjun dalam dunia spiritual secara global dan bergabung dalam penyampaian misi Sebagai ketua Koordinator P2GSM Majlis Asma Nabawi untuk wilayah Sumatra.
  • Padepokan Seni Bela Diri SILAT BAYU PERKASA ponorogo semoga senantiasa tetap berjaya dan sukses meneruskan budaya bangsa.
  • Perguruan Seni Bela Diri SILAT MELAYU-SINDING TERATAI PUTIH Danau Teluk pimpinan seorang abang angkat sekaligus guru pertama dalam hal seni bela diri ustaz yaitu Abang Malik. Semoga bimbingannya selama ini tetap dapat bermanfaat bagi ustaz, dan Abang malik sendiri beserta perguruannya semoga selalu dalam lindungan Allah dan dapat lebih berjaya dan sukses. Amin.
  • Yayasan Citra Profesi Indonesia yang telah memberikan penilaian dan penghargaan kepada ustaz sebagai The Best Indonesian Supranatural Award.
  • Para Sahabat Alumni YMAN semoga dapat sukses di mana saja sesuai bidang profesinya masing-masing dan selalu mendapatkan perlindungan dan rido Allah. Amin.
  • Wa bil-Khusus kepada seluruh sahabat spiritual Alumni Program Guru INAM di mana saja yang membuka praktek, harapan kami semoga tetap selalu sukses dalam bidangnya baik sebagai penasehat, penyembuh, maupun sebagai pendakwah dalam term seorang Da`i Spiritualis. Amin
Penutup
Demikianlah Biografi Singkat ini dibuat dalam situs ini, semoga dapat bermanfaat bagi siapa saja minimal sebagai semangat motivasi bahwa hidup itu adalah perjuangan. Artinya, jika anda ingin sukses sesuai bidang anda, maka perjuangkanlah dengan penuh semangat pantang menyerah karena hidup itu sendiri adalah perjuangan. Berjuang mencari rezeki, berjuang mencari sukses, berjuang di on-line internet, berjuang di affiliate program, berjuang di web deplover, berjuang di mana saja. Yakinlah, jika anda mau berjuang, maka Insya Allah anda akan mendapatkan kesuksesan anda.
Ditulis oleh Tim YMAN Editor.
Buat Tautan ke Postingan ini: BIOGRAFI PEMBINA YMAN

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: BIOGRAFI PEMBINA YMAN