Minggu, 24 Juli 2011

Ilmu Makrifat 9 Nadi Alif Lam Mim

Arti Istilah Ilmu Ma`rifat (Makrifat)
Salah satu di antara program kursus private pembelajaran spiritual yang diadakan di Majlisasmanabawi adalah Program Ilmu Ma`rifat (al-Ma`rifah atau bacaan lidah tulisan latin Indonesia nya, Makrifat).

Ketika anda memasuki dunia tarikat atau mempelajari aliran sufi tertentu (tasawuf) maka anda akan bertemu dengan istilah Makrifat yang tidak lain berasal dari kata ~`Arofa - Ya`rifu - Ma`rifatan "Al-Ma'rifah" dengan arti mengetahui atau mengenal sesuatu (pengetahuan hakiki yang meyakinkan).

Istilah dasar Makrifat - mengenal (Allah) sedalam-dalamnya ini kemudian dirumuskan dengan beragam pendapat para ahli Ulama nya. Beberapa di antaranya menterjemahkan sebagai keadaan sufi pada tingkatan maqam tertentu ketika mengenal Allah sedalam-dalamnya.

Secara definitif, Abuth Thayyib As-Saamiriy seperti yang disampaikan oleh Asy-Syekh Ihsan Muhammad Dahlan Al-Kadiriy mengatakan:

"Ma'rifat adalah hadirnya kebenaran Allah (pada Shufi) dalam keadaan hatinya selalu berhubungan dengan Nur Ilahi"

Penjelasan lainnya seperti yang disampaikan oleh Imam al-Gazali dalam kitabnya menerangkan bahwa Ma`rifat adalah

الإطلاع على أسرار الربوبية والعلم بترتب الأمور الإلهية المحيطة بكل الموجودات

Terbukanya rahasia-rahasia Ketuhanan dan tersingkapnya hukum-hukum Tuhan yang meliputi segala yang ada”.

Pengetahuan tentang rahasia ketuhanan bagi orang yang sampai pada maqom makrifatullah menurut al-Ghazali adalah pengetahuan yang meyakinkan, yang hakiki, yang dibangun di atas dasar keyakinan yang sempurna (haqq al-yaqin). Pengetahuan ma`rifat yang dimaksud tidak diperoleh melalui penalaran rasional atau pengalaman inderawi melainkan hanya bisa didapat melalui memurnikan Qalbu yang selanjutnya akan menerima ilham atau limpahan nur Allah yang disebut sebagai pengalaman kasyfiy atau `irfaniy.

Selanjutnya pengetahuan yang meyakinkan (hakiki) menurut Imam al-Ghazali dapat dipelajari melalui rumusan beliau di bawah ini:

ان علم اليقين هو الذي هو الذى ينكشف فيه المعلوم انكشافا لا يبقى معه ريب ولا يقالانه امكان الغلط والوهم ولا يتسع القلب لتقدير ذلك

Sesungguhnya ilmu yang meyakinkan itu ialah ilmu di mana yang menjadi obyek pengetahuan itu terbuka dengan jelas sehingga tidak ada sedikit pun keraguan terhadapnya; dan juga tidak mungkin salah satu keliru, serta tidak ada ruang di qalbu untuk itu”.

Panduan Brosur: Ilmu Makrifat 9 Nadi Alif Lam Mim
Sehubungan dengan program kursus Ilmu Ma`rifat 9 Nadi Alif Mim yang diadakan oleh Majlisasmanabawi tidak dimaksudkan dalam pengertian bahwa anda akan diajarkan ilmu tarikat atau sufi sedalam-dalamnya, akan tetapi hanyalah sebagai salah satu metode pelajaran awam untuk mereka yang ingin mengenal Allah dan ciptaan-Nya melalui ayat-ayat al-Qur`an (al-Baqarah- Alif Lam Mim) yang disampaikan melalui Nabi nya.

Untuk itu, jika anda merasa telah memiliki ilmu makrifat atau pengetahuan qalbu yang sudah tinggi terhadap rahasia-rahasia ketuhanan, maka program kursus ini tidak dikhususkan untuk anda. Dalam hal ini, anda bisa mencari guru-guru tarikat atau para mursyid tarikat yang lebih tinggi dan lebih ahli di bidangnya.

Untuk anda yang ingin mengikuti kursus private, silahkan klik link halaman di bawah ini:
Buat Tautan ke Postingan ini: Ilmu Makrifat 9 Nadi Alif Lam Mim

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Ilmu Makrifat 9 Nadi Alif Lam Mim