Rabu, 03 Agustus 2011

Hadis Puasa Ramadhan Menghapus Dosa-Dosa Kecil

Artikel Tentang Puasa- Hadits Puasa Ramadhan
Siapa sih di antara kita sekarang ini yang tidak pernah melakukan dosa? Jawabannya pasti tidak ada. Bahkan sekaliber Nabi Adam a.s saja juga pernah melakukan dosa sehingga Allah menurunkannya dari Surga. Demikian pula halnya nabi-nabi lain seperti Nabi Musa a.s yang pernah membunuh dengan pukulan tangannya, dst.

Kita adalah manusia biasa baik sengaja ataupun tidak, mungkin setiap saat kita melakukan dosa baik dosa kecil maupun dosa besar. Coba perhatikan beberapa kemungkinan dosa setiap hari yang tidak kita sadari di bawah ini:

  • Dosa karena sifat tercela kita: mengumpat, ghibah, kurang bersyukur atas nikmat Allah, kurang baik dengan tetangga, dll ,
  • Dosa karena perbuatan jahat kita: fitnah, iri dan dengki,
  • Dosa karena makan harta anak yatim dan makan harta rakyat lewat korupsi
  • Dosa karena tidak amanah atas pekerjaannya
  • Dosa sebagai pejabat yang tidak bertanggung jawab,
  • Dosa sebagai pemimpin, raja, dan presiden yang zalim
  • Dosa sebagai Guru, kiai dan ustaz yang tidak mengamalkan ajarannya
  • Dosa sebagai paranormal yang merasa lebih sakti dari pada Allah
  • Dosa sebagai artis dan selebritis yang sangat mudah memamerkan auratnya
  • Dan yang sudah pasti bahwa kita akan berdosa ketika kita dengan sengaja melanggar perintah Allah, dan banyak lainnya.

Kemudian jika kita sudah menyadari bahwa kita tidak luput dari kesalahan dosa, maka mulai saat ini, yang pertama kita lakukan adalah segera melakukan taubat kepada Allah dan memohon ampunan atas seluruh kesalahan dosa yang kita lakukan.

Selain itu, puasa ramadhan adalah salah satu ibadah di mana Allah akan memberikan pahala berupa pengampunan atas dosa-dosa kecil kita yang telah lalu. sebagaimana hadis rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dalam Shohih Bukhori (Sulaiman Mar`ie, Singapore, 1/325) tentang pahala bagi orang yang menjalankan ibadah puasa ramadhan:

Siapa saja yang berpuasa bulan ramadhan karena beriman kepada Allah (imanan) dan mengharapkan pahala (ihtisaban), maka dosa-dosanya (yang kecil) pada masa lalu akan diampuni (oleh Allah).

Hadis puasa ramadhan di atas memberitahukan kepada kita bahwa dengan menjalankan puasa selama bulan ramadhan dengan motivasi iman dan ihtisab (mengharapkan pahala), maka Allah akan mengampuni dosa-dosa kita yang kecil (shaghoir), namun tidak menghapus dosa-dosa kita yang besar (kabair).

Bagaimana dengan kemungkinan dosa-dosa harian yang disebutkan di atas, Hanya Allah yang maha tahu, mungkin saja itu dosa besar atau juga dosa kecil. Karenanya selain berpuasa selama ramadhan, tetaplah mohon ampun dengan melakukan taubatan nasuha.

Artikel Puasa Ramadhan Lainnya:
Hal-hal yang membatalkan Puasa Ramadhan
Puasa Ramadhan Bersihkan Jasmani dan Ruhani
Buat Tautan ke Postingan ini: Hadis Puasa Ramadhan Menghapus Dosa-Dosa Kecil

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Hadis Puasa Ramadhan Menghapus Dosa-Dosa Kecil