Rabu, 23 Juni 2010

Dunia Gaib dan Ilmu Gaib

Dunia Alam Spektrum Energi GaibPercaya ataupun tidak, bagi anda yang mengikuti ajaran agama samawi tentu sudah mendengar berita tentang keberadaan alam gaib. Dalam beberapa kitab suci agama samawi banyak diberitakan tentang keberadaan alam gaib ini. Selanjutnya kami menyebutnya dunia alam gaib (dunia lain: versi Trans7).

Yang dimaksud dengan Gaib di sini artinya tidak terlihat dengan kasat mata manusia dan tidak dapat dirasakan oleh indra zahir. Dunia alam gaib maksudnya, alam di mana mata kasar manusia tidak mampu melihatnya atau alam yang tidak dapat dijangkau oleh panca indra zahir manusia. Di beberapa daerah di Indonesia, menyebutnya dengan alam makhluk halus atau alam makhluk lelembut.

Dalam beberapa versi pengalaman spiritual gaib, disebutkan bahwa alam gaib terdiri dari beberapa tingkatan. Antara lain: alam kubur, alam para Jin, alam para malakut (malaikat), alam ruh, alam takdir, dan seterusnya.

Berdasarkan jenis makhluknya, beberapa ahli spiritual mengklasifikasikannya menjadi 3 alam antara lain yaitu: alam kubur yang berisi para ruh yang telah mengalami proses ajal (meninggal dunia), alam para Jin yang berisi makhluk Allah yang diciptakan dari api, dan alam malakut yang berisi makhluk Allah yang diciptakan dari nur (cahaya), yaitu para malaikat.

Anda boleh mengikuti pemahaman di atas, boleh juga tidak, intinya menyakini bahwa Allah telah menciptakan sesuatu yang gaib, umat Muslim wajib meyakininya / beriman (Baca dalam surah al-Baqorah antara ayat 1 hingga 9). Tentunya, tingkat kualitas keimanan anda tentang hal gaib tergantung tingkat ketakwaan dan ilmu gaib yang anda kuasai. Perumpamaan seperti, jika anda menguasai ilmu Fiqh (hukum), maka ritual rukun ibadah wajib anda dianggap lebih sempurna. Bagi orang sufi, ibadah anda akan dianggap lebih sempurna jika menguasai ilmu zuhud (Sufistik). Demikian pula halnya tentang dunia alam gaib. Semua berita yang disampaikan oleh wahyu wajib diyakini, termasuk juga berita tentang hal gaib.

Indikasi atau pentunjuk Allah tentang alam gaib, dapat berarti anda wajib menguasi ilmu tentang alam gaib (dalam bahasa fiqih bisa menjadi fardu `Ain atau Fardu Kifayah tergantung esensi keadaan pentingnya bagi per individu dan negara). Perumpamaan:
Ilmu kedokteran (Ilmu ketabiban) adalah hal penting karena menyangkut kesehatan jasmani ummat. Maka ilmu ketabiban (kedokteran) akan menjadi wajib fardu `Ain atau Fardu Kifayah tergantung esensi ada atau tidaknya dalam suatu wilayah atau negara, orang yang menguasai ilmu ketabiban tersebut. Cara berpolitik negara banyak dibahas dalam al-Quran, jika dalam suatu negara tidak ada yang menguasai politik, maka menguasai ilmu politik dapat menjadi wajib fardu `Ain atau fardu kifayah. Pendapat di atas tergantung dari faham ulama fiqih yang anda ikuti (Ta`kid fil fiqh). Demikian pula hal nya tentang fenomena alam gaib, alam supranatural, alam mistisisme, dan seterusnya.

Sebagai perbandingan: Berbeda pada masa lalu, para ulama terdahulu dikenal tidak hanya mengenal satu jenis ilmu saja, tapi mereka mengenal beragam ilmu penting: ilmu tafsir al-Quran dan hadis (bahkan mereka hapal al-qur`an dan ribuan hadis), ilmu bahasa, ilmu ekonomi, ilmu alam gaib (bahkan ada yang mengalami kegaiban), ilmu politik bernegara, ilmu fiqh syari`at, ilmu tauhid, bahkan termasuk ilmu kedokteran. Di zaman sekarang, sudah sangat sulit menemukan satu ulama menguasai semua bidang keilmuan. Bahkan boleh dikatakan sudah tidak ada lagi ulama yang memang menguasai semua cabang kelilmuan dalam Islam.

Sebagai hikmah: Pembelajaran khusus tentang berbagai istilah tentang alam gaib, dapat anda jumpai di berbagai sekolah agama dan peruguruan tinggi (universitas) jurusan agama. Untuk di Indonesia khususnya, dapat dijumpai di berbagai institut atau perguruan tinggi agama Islam (IAIN/STAI). Namun pembelajaran tentang alam gaib secara praktikal akan sulit anda dapatkan di sekolah-sekolah ataupun perguruan tinggi. Anda hanya akan mendapatkannya pada orang yang disebut paranormal, ahli supranatural, orang yang berkesan ekslusivisme, pakar mistisisme, dan sejenisnya. Biasanya ada ditemukan di berbagai daerah pelosok dan bersifat sangat personal.

Selanjutnya, tentang fenomena singkat bagaimana kehidupan alam gaib, dapat anda baca Dunia Gaib di sekitar Kita atau Rahasia Ilmu Gaib atau Fenomena Jin Sakti atau Fenomena Bersifat Gaib.



Buat Tautan ke Postingan ini: Dunia Gaib dan Ilmu Gaib

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Dunia Gaib dan Ilmu Gaib