Jumat, 22 Juli 2011

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Lintas Berita Ramadhan- Tak Kenal Maka Tak Sayang
Bagi seorang muslim mukmin tentu sudah sering mendengar sebutan bulan Ramadhan (رمضان), bahkan orang non muslim pun juga banyak yang tidak asing dengan sebutan bulan Romadhon. Menurut bahasa Arab, Ramadan dapat berarti orang yang sakit mata mau buta. Mengambil kiasan bahwa dengan ibadah Ramadhan seseorang dapat memperbaiki kekuatan fisik, tingkah laku maupun spiritualnya.

keutamaan bulan suci RamadhanJika menurut bahasa budaya, maka Ramadhan berasal dari akar kata Ramadha
رمض , yang berarti panas (pembakaran) yang menyengat atau kekeringan, khususnya pada tanah. Menurut sejarah Bangsa Babylonia yang budayanya pernah sangat dominan di wilayah utara Jazirah Arab, menggunakan sistem penghitungan luni-solar calendar (penghitungan tahun berdasarkan bulan dan matahari sekaligus).

Menurut sistem penghitungan tersebut, bulan ke sembilan selalu jatuh pada musim panas terik yang sangat menyengat. Mulai sejak pagi hingga petang, sengatan sinar matahari seakan memanggang batu-batu gunung dan pasir gurun. Pada musim panas tersebut, lama waktu siangnya juga lebih panjang dari pada waktu malamnya, sehingga betul-betul panas terik. Pada malam harinya, panas di bebatuan dan pasir perlahan mereda, tapi sebelum dingin betul, sudah berjumpa dengan pagi hari yang kemudian terkena panas terik matahari. Demikianlah kondisi panas terik tersebut terjadi berulang-ulang, sehingga setelah beberapa pekan, maka terjadilah akumulasi panas yang menghanguskan. Selanjutnya, hari-hari itu disebut bulan Ramadhan, Suatu bulan dengan panas yang menghanguskan.

Kemudian Islam datang memberikan perintah wajib puasa dengan menggunakan kata bulan Ramadhan. Yang dapat berarti bersabar dengan kondisi panas kehausan maupun kelaparan seperti kondisi alam yang diterpa panas terik. Namun ada juga yang mengartikan bahwa puasa ramadhan adalah pembakaran dosa dengan kiasan ketika seseorang melaksanakan ibadah puasa ramadhan maka dosa-dosanya dihapuskan oleh Allah seperti halnya panas matahari terik
رمض yang membakar tanah.

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan
Apa sebenarnya keistimewahan bulan ramadhon dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya? Salah satu keutamaan yang terdapat pada bulan suci ramadhan tidak lain adalah puasa romadhon yaitu perintah untuk melaksanakan ibadah puasa selama 1 bulan. Bagaimana cara puasa Ramadhan? Akan dijelaskan pada halaman-halaman posting panduan artikel spiritual berikutnya.

Selain keutamaan perintah puasa, bulan romadhan juga mempunyai beberapa keistimewahan lainnya yang di antaranya dijelaskan dalam Kitab Sahih Muslim dalam sebuah hadis nomor 1793 yang diriwiyatkan oleh Abu Hurairah ra.:

Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Apabila tiba bulan Ramadan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu neraka dan setan-setan dibelenggu.

Surga / Sorga (al-Jannah) adalah tempat khusus bagi mereka orang-orang yang beriman yang telah mendapatkan balasan pahala dari Allah berupa berbagai macam kenikmatan surga yang tidak pernah ditemukan, dirasakan, dilihat, disentuh, atau dibayangkan sebelumnya. Sedangkan neraka (an-Nar) adalah suatu tempat khusus penyiksaan atau balasan Azab untuk mereka yang dianggap durhaka kepada Allah atau hidup penuh dengan dosa dan tidak mau bertobat.

Khusus pada bulan Romadhon, seperti dijelaskan dalam hadis tersebut di atas, pintu Surga dibuka dan pintu neraka ditutup. Tentu tidak ada seorangpun di antara kita yang menolak untuk masuk surga dan sebaliknya, tentu tidak ada seorang pun di antara kita yang bersedia disiksa di dalam api neraka. Semoga kita semua tercatat sebagai orang yang nantinya akan dimasukkan ke dalam surga dan dijauhkan dari api neraka. Amin.

Bulan Ramadhan adalah kesempatan bagi kita semua untuk menambah pahala ibadah dan mendekati Allah agar nantinya tidak ada halangan bagi kita untuk melewati pintu-pintu surga Allah dan pintu neraka tertutup bagi kita. Karena itu, manfaatkan kesempatan umur bertemu romadhon untuk meningkatkan iman dan ketakwaan dengan menjalankan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya.

Keutamaan lain pada Bulan Suci Ramadhan adalah Allah memuliakan Ramadhan dengan mengadakan malam Lailatul Qadar (لَيْلَةِ الْقَدْرِ) yaitu suatu malam yang menurut surah ke-97 (surah al-Qadar) dalam al-Qur`an lebih baik dari seribu bulan. Pada malam tersebut Malaikat Jibril dan lainnya turun ke bumi untuk mengatur segala urusan. Selain itu, malam Lailatul Qadar juga disebut sebagai malam turunnya al-Qur`an.
Wallahu A`lam.

Artikel Ramadhon Sebelumnya:
Puasa Ramadhan: Bersihkan Jasmani dan Ruhani
Buat Tautan ke Postingan ini: Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Keutamaan Bulan Suci Ramadhan