Kamis, 21 Juli 2011

Puasa Romadon: Bersihkan Jasmani dan Ruhani

Hikmah Bulan Suci Romadon: Tazakkur dan TafakkurBersihkan Diri di Bulan Romadon
Berhari-hari, berminggu, berbulan-bulan, hingga hampir 1 tahun telah berlalu. Tahun lalu kita ketemu bulan suci Ramadan, maka tahun ini kitapun bersyukur diberikan kesempatan untuk kembali bertemu dengan bulan puasa Romadlon. Untuk anda yang masih diberikan kesempatan umur bertemu romadon, maka sambutlah Ramadan dengan penuh gembira, mengisi Romadon dengan berbagai ibadah seperti puasa, sholat, menunaikan zakat, qiroatil Qur`an, memberikan shodaqah dan infaq, Tazakkur (berzikir) dan Bertafakkur (berfikir), serta amalan-amalan ibadah lainnya dengan tujuan untuk mensucikan diri jasmani dan ruhani serta pendekatan diri kepada Allah, memohon ampunan atas segala dosa selama ini.

Bertafakkur (Berfikir)
Apa yang berubah dalam diri kita selama setahun ini? Mungkin saja tidak ada yang berubah atau bahkan lebih buruk selama 1 tahun ini. Lebih buruk dalam hal ibadah kepada Allah sehari-hari. Lebih buruk dalam hal dosa karena dosa bukan terhapus akan tetapi bertambah semakin banyak dan menebal dalam hati ruhani dan jasmani. Lebih jahat dan semakin menjadi penjahat dengan mengotori hati dengan sifat iri dengki, dendam, rakus, korupsi, menerima suap di jalanan sebagai petugas, menerima suap di kantor sebagai pejabat, dan lain sebagainya.

Alhamdulillah jika kita bisa menjadi lebih baik selama setahun ini. Lebih baik dalam ibadah dan amal kebajikan, lebih baik dalam hal niat yang ikhlas, lebih baik dalam hal kesabaran dan takwa menjadi muslim yang mukmin muttaqin.

Baik ataupun buruk amalan anda selama ini, Bulan romadon adalah satu-satunya bulan yang disebutkan dalam al-Qur`an sebagai bulan yang mempunyai malam lailatul Qadar, yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang disebutkan dalam al-Qur`an untuk menjalankan kewajiban ibadah puasa selama 1 bulan penuh.

Jika anda bertafakkur dan menemukan diri anda penuh dengan dosa, maka bertaubatlah dengan sungguh-sungguh taubatan nasuha pada bulan suci ini, semoga taubat anda diterima Allah dan anda kembali bersih dan suci menjadi mukmin yang muttaqin.

Berzikir (Ingat Allah)
Apakah anda selalu mengingat Allah? Mungkin saja selama setahun ini anda sudah melupakan Allah. Terlalu asyik dengan kekayaan dari uang suap dan korupsi yang anda kumpulkan sehingga anda berada dalam lingkaran setan yang sulit anda lepaskan. Terlalu nikmat dengan rasa iri dengki dan dendam dalam hati dan fikiran anda sehingga anda berada dalam nafsu amarah iblis yang membuat anda tersesat selama setahun ini, dan banyak lainnya.

Alhamdulullah jika anda masih sadar dan terus mengingat Allah dalam setiap apapun keadaan anda. Baik keadaan miskin maupun kaya. Baik sudah sukses ataupun belum dalam karirnya.

Jika saja anda mau berzikir ingat dan mendekati Allah. Maka rasakanlah bahwa keadaan itu lebih nikmat dari semua hal di dunia ini. Lebih nikmat dari kekayaan uang suap anda. Lebih nikmat dari rasa iri dengki dan dendam anda. Dan seterusnya. Jika anda belum merasakan nikmat zikir anda, maka belajarlah untuk merasakannya di saat anda sedang berpuasa pada bulan romadon ini, di saat anda sedang melaksanakan sholat fardu dan tarawih witir anda pada malam harinya. Nikmatilah bahwa Allah mengawasi puasa anda, mengawasi amal ibadah anda, dan seterusnya.

Ramadan Karim. Semoga kita semua berhasil dan sukses dengan kewajiban ibadah ramadan tahun ini dan lulus menjadi pribadi muslim yang mu`min muttaqin. Amin.
Buat Tautan ke Postingan ini: Puasa Romadon: Bersihkan Jasmani dan Ruhani

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Puasa Romadon: Bersihkan Jasmani dan Ruhani