Rabu, 17 Agustus 2011

Ayat Al-Qur`an Pertama Turun- Iqro`

Seri Artikel Islam- Nuzulul-Qur`an 3
Jika terjadi perdebatan dalam hal tanggal berapa ayat yang pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad, maka pertanyaan selanjutnya adalah, ayat apa atau surah apa yang pertama kali diturunkan.

Jika anda pernah mengikuti pelajaran dasar Ulumul-Qur`an di Madrasah Tsanawiyyah ataupun di pesantren-pesantren kilat, maka pertanyaan di atas tentu akan sangat mudah bagi anda untuk menjawabnya. Sama mudahnya, bagi warga negara Indonesia ketika ditanya siapa presiden Indonesia saat ini (2011), Pak SBY.

Halaman berikut ini, tidak bermaksud menggurui anda yang sudah tahu kecuali hanya mengulang dalam bahasa penjelasan yang dimodifikasi sesuai dengan bahasa blogging.

Baiklah...kita langsung saja kepada jawaban singkatnya yaitu surah al-`Alaq ayat 1-5.

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ
خَلَقَ الإنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ
اقْرَأْ وَرَبُّكَ الأكْرَمُ
الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ
عَلَّمَ الإنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ
Artinya: Bacalah (hai Muhammad) dengan menyebut nama Tuhan-Mu yang mencipatakn. Yang menciptakan manusia dari `Alaq (segumpal darah). Bacalah (Hai Muhammad)dan tuhanmu maha mulia (pemurah). yang mengajarkan (manusia) dengan perantaraan qalam. Dia (Allah) mengajarkan manusia apa-apa yang tidak diketahuinya.

Di mana dan Bagaimana proses ayat / surah pertama al-Qur`an tersebut diturunkan? Dijelaskan dalam beberapa riwayat hadis yang mengkisahkan bahwa Rasulullah menerima 5 ayat dari surah al-`Alaq di atas ketika sedang melakukan kontemplasi (bersemedi) di sebuah gua yang bernama Gua Hira yang disampaikan langsung oleh Malaikat Jibril Alaihissalam.

Untuk melihat redaksi bunyi matan hadis tersebut, anda bisa membuka kitab-kitab hadis shahih seperti Shahih Bukhari (صحيح البخارى), di bawah Kitab Bad’il Wahyi (كتاب بدء الوحى) (Permulaan Turunnya Wahyu).

Seri Artikel Islam:
Nuzulul Qur`an Malam Turunnya Al-Qur`an
Tabel Urutan Turunnya Ayat-Ayat al-Qur`an
Buat Tautan ke Postingan ini: Ayat Al-Qur`an Pertama Turun- Iqro`

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Ayat Al-Qur`an Pertama Turun- Iqro`