Jumat, 06 Juli 2012

Iman Sebagai Obat Penawar Kesulitan Hidup

Cobaan Kesulitan Hidup
obat penawar kesulitan hidupBanyak hal yang dapat merusak keimanan kita. Mulai dari berbagai kesulitan hidup, masalah rumah tangga hingga problem perceraian dan perselingkuhan, rezeki yang berasa sulit dan semakin hari semakin mengkhawatirkan, nikmatnya bekerja / jabatan yang tiba-tiba sirna seketika ketika harus dipecat yang selanjutnya menjadi bingung luar biasa karena ada diri, anak, dan istri yang harus diberi makan (bahkan mungkin ada mertua dan orang tua serta saudara dan kepanakan yg juga numpang di rumah?

Jika kita kurang perhatian dengan iman kita, maka semua kesulitan tersebut tanpa kita sadari dapat merusak kualitas iman kita hingga sampai pada level yang disebut berputus asa dari rahmat Allah yang berakhir dengan kekafiran seperti yang diumpamakan oleh Allah dalam al-Qur`an: Tidak adalah orang yang berputus asa dari rahmat Allah, kecuali kaum kafirin.

Iman adalah Obat Penawar Kesulitan Hidup
Sehubungan dengan hal di atas, jika meningkatkan keimanan adalah kewajiban, maka menjaga keimanan juga merupakan kewajiban, karena keimanan merupakan bagian dari pondasi Islam seseorang sehingga ia dapat disebut sebagai muslim, seseorang bisa dikatakan bertakwa kepada Allah, dst.

Jika berbagai kesulitan hidup dapat melunturkan iman anda, maka sebaliknya, kesulitan hidup pun juga dapat meningkatkan kualitas iman anda. Dalam istilah agama disebut "Bersabar Dengan Uji Coba (Cobaan) Allah atau Bertobat dengan Azab Allah".

Artinya:
Jika problematika kehidupan kita datang disebabkan oleh ujian dari Allah, maka dengan iman, akan menjadi obat penawar untuk melewati kesulitan tsb.
Jika masalah berat kita, datang karena azab dari Allah, bertobat dengan keimanan, akan dapat melewati apapun masalah berat tersebut.

Ceramah Singkat Sebelumnya:
Menjaga Iman Lebih Penting Dari Semua Hal
Buat Tautan ke Postingan ini: Iman Sebagai Obat Penawar Kesulitan Hidup

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Iman Sebagai Obat Penawar Kesulitan Hidup