Jumat, 26 Oktober 2012

Hikmah dan Sifat Orang Yg Menjalankan Ibadah Qurban

Alhamdulillah pagi ini, kita telah menyelesaikan sholat idul Adha dan mendengarkan berbagai nasehat agama dari khotib melalui khotbah Idul Adha. Dilanjutkan, dengan acara penyembelihan/pemotongan hewan Qurban. (Untuk di wilayah Masjid Perumahan Pondok Hijau Ciputat, tercatat 20 ekor Sapi dan 53 ekor kambing yg telah diserahkan oleh mereka yang berkurban, yang mayoritas berasal dari warga perumahan. Naik beberapa ekor dari Idul Adha tahun lalu).


Hikmah Ibadah Qurban
Sudah menjadi kaidah agama yg harus diyakini, bahwa semua yang datang dari Allah baik dalam bentuk perintah maupun larangan, adalah sesuatu yang baik yang dikehendaki oleh Allah terhadap hambanya. Demikian pula halnya tentang ritual menunaikan ibadah Qurban. Tentu ada kebaikan bagi manusia yg diinginkan Allah atas melaksanakan hal tersebut, walaupun mungkin saja, tidak semua kita, memiliki akal dan batin yang cerdas untuk dapat memahami dan mengetahui hikmah kebaikan ajaran agama tsb. Bahkan sangat ramai di antara kita, yang hanya menerima sebagian ajaran, dan menolak sebagian ajaran, hanya menerima awal surah, tapi menolak akhir surah, menerima beberapa juz pertama dalam al-Qur`an, tapi menolak beberapa juz lainnya dalam kitab al-Qur`an, disebabkan menafsirkan dan menganalisa dengan menggunakan akal dan batin yg tumpul (Nauzubillah, semoga kita semua termasuk di antara hamba Allah yg diberikan kecerdasan akal dan batin untuk dapat mengimani, dan memahami serta melaksanakan semua perintah dengan ketakwaan yang luar biasa, baik bertakwa lewat akalnya, maupun bertakwa lewat qalbunya, amin)

Apa Sebenarnya Hikmah Ibadah Qurban?
Yang tahu pasti hanya Allah, namun begitu, mayoritas ulama menafsirkan, selain sebagai hikmah tanda kepatuhan dan rasa syukur kepada Allah (Bacalah surah al-Kautsar 1-3) , Ibadah Kurban juga bermakna sosial kemasyarakatan di mana mengajarkan kepada orang yang mampu untuk peduli kepada kaum dhuafa dan fakir miskin di sekitarnya dengan memberikan daging Qurban.

Sifat Orang yg Ber-Qurban:
Dari penjelasan singkat tentang hikmah di atas, ada beberapa point penting tentang sifat yang harus dimiliki oleh Orang yang berkurban, di antaranya:
  • Orang yg menjalankan ibadah qurban, berarti telah mempersiapkan dirinya untuk lebih peduli terhadap orang-orang yang kesusahan di sekitarnya.
  • Orang yg berkurban adalah orang yg tidak akan makan, ketika ada tetangganya yg sedang kelaparan (artinya: Dia akan membantu mereka yg kelaparan)
  • Orang yg berkurban ialah orang yang selalu memperhatikan dan membantu menaikkan kualitas hidup orang-orang miskin, anak-anak yatim piatu, etc di sekitarnya mulai dari soal sandang, pangan, hingga persoalan pendidikan orang tsb.
Secara umum, orang yg berkurban, harusnya memiliki sifat sosial yang tinggi, tidak hanya terhadap anggota keluarganya, kelompok organisasi atau partainya saja, tapi juga terhadap kaum muslimin di sekitarnya. (Wallahu A`lam)

Selamat Idul Adha, Hari Raya Haji, dan Qurban

Buat Tautan ke Postingan ini: Hikmah dan Sifat Orang Yg Menjalankan Ibadah Qurban

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Hikmah dan Sifat Orang Yg Menjalankan Ibadah Qurban