Kamis, 25 Oktober 2012

Selamat Idul Adha Hari Raya Haji dan Qurban

Berbahagialah Sahabatku...
Menyampaikan Selamat Idul Adha 1433 (bahasa Arab: عيد الأضحى) atau selamat Hari Raya Haji kepada kaum Muslimin dan Muslimat di mana saja berada. Hari Idul Adha adalah termasuk hari yang dirayakan oleh umat Islam atau disebut hari raya Islam, jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, Hari ini juga dan hari-hari Tasyrik lainnya diharamkan melakukan puasa bagi umat Islam.


Sholatlah dan Berkurbanlah... 
Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di masjid, di tanah lapang, atau di tempat-tempat tertentu yang dibolehkan menurut syariat.

Setelah salat idul Adha,  dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban yaitu hewan-hewan Qurban yg telah diberikan oleh umat Islam yg mampu untuk disembelih dan disedekahkan kepada para fakir miskin yg tidak mampu. Selain sebagai pelajaran hikmah untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya (Ismail Alaihissalam), ibadah qurban juga sebagai salah satu di antara wujud kepatuhan dalam menjalankan perintah Allah dan mensyukuri atas semua nikmat Allah.

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak, Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan berkorbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu, termasuk orang-orang yg terputus (dari rahmat Allah)-(Al-Kautsar: Surat ke-108: Ayat 1 s/d 3)

Fatwa MUI tentang cara Penyembelihan hewan qurban.
Sehubungan dengan penyembelihan hewan korban, hendaklah memperhatikan apa yg telah difatwakan oleh MUI. Baca: pada Fatwa MUI No. 12 tahun 2009, tentang Standar Sertifikasi Penyembelihan Halal. Di antaranya:

  1. Penyembelihan dilaksanakan dengan niat menyembelih dan menyebut Asma Allah. 
  2. Penyembelihan dilakukan dengan mengalirkan darah melalui pemotongan saluran makanan (mari/esophagus), saluran pernapasan/tenggorokan (hulqum/trachea), dan dua pembuluh darah (wadajain/vena jugularis dan arteri carotids).
  3. Memastikan matinya hewan disebabkan oleh penyembelihan tersebut.

Selain ke-3 hal tersebut, hendaknya juga memastikan bahwa hewan telah memenuhi syarat untuk dijadikan hewan qurban dan dijaga haknya selama dalam pemeliharaan hingga pada saatnya hewan tersebut akan disembelih.

Salam sukses
Dari Guru Pembimbing di Majlisasmanabawi
Buat Tautan ke Postingan ini: Selamat Idul Adha Hari Raya Haji dan Qurban

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Selamat Idul Adha Hari Raya Haji dan Qurban