Sabtu, 25 Mei 2013

Ayat Tentang Ujian Allah dan Azab Allah

Ilustrasi Kisah Ujian dan Azab Allah
Sebelumnya dia adalah anggota dewan yang terhormat secara strata sosial, Namun sekarang dia tak lebih dari pada seorang tahanan terhina di dalam penjara yang dicaci maki banyak orang. Sebelumnya mereka adalah komunitas kelompok yang dibanggakan dan dimuliakan, namun sekarang mereka tak lebih dari kelompok yang berada diujung tanduk kehancuran. Sebelumnya, beliau adalah seorang presiden yang tidak hanya dihormati oleh seluruh warga negaranya tapi juga disegani dari seluruh pemimpin negara di seluruh dunia, namun sialnya, ia dipaksa lengser dari istana kepresidenannya dan dianggap sebagai presiden terkorup. Ketika mereka itu semua ditanya tentang kondisi masing-masing, mereka menjawab ini hanya ujian dari Allah (jawabannya mungkin tulus dari imannya, mungkin juga sekedar basa basi, hanya Allah yang maha tahu). 

Maaf jika kisah ilustrasi di atas serupa tapi tidak sama dengan peristiwa yang anda lihat atau anda alami.  Jika terjadi kesamaan, maka catatan di bawah ini semoga dapat memberikan anda hikmah.

Apakah Anda Diuji Ataukah Anda Sedang Diazab Allah
Mungkin anda sering menganggap bahwa diri anda sedang diuji Allah dengan kesusahan yang sedang anda hadapi, padahal mungkin saja datangnya kesusahan tersebut bukan disebabkan karena anda sedang diuji oleh Allah melainkan anda sedang mendapatkan azab dari Allah karena kesalahan atau dosa-dosa yang anda lakukan baik sengaja ataupun tidak. Selalulah untuk introspeksi diri dengan tafakkur, tazakkur, tadabbur qur`an, taubatan nasuha, dst.

Ayat Tentang Ujian-Orang Beriman Akan Diuji Allah


Dan sungguh akan Kami berikan ujian kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. [Al-Baqarah (Sapi betina) ayat 155]


Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (ujian) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. [3:186]

Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan [Al-Baqarah: 214] .

Selain dari keterangan 2 ayat di atas, masih terdapat beberapa ayat lainnya di al-Quran yang membahas tentang ujian dari Allah di antaranya seperti:  [QS 3:186], [QS 5:48], [QS 21:35], [QS 29:2],  [QS 25:20], [47:31].

Ayat Tentang Azab Allah

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Ayat di atas menyebutkan salah satu penyebab datangnya suatu azab kepada sesorang atau siapa saja, ketika orang tersebut tidak menyukuri nikmat Allah. Selain ayat di atas, ada banyak ayat lainnya yang menceritakan tentang azab (siksa) Allah.  

Setelah anda membaca catatan spiritual di atas, maka telitilah penyebab kesusahan anda, apakah karena ujian dari Allah atau barangkali kesusahan tersebut tidak lain karena azab Allah.

Ayat Syukur Bersyukurlah Kepada Allah
Iman Adalah Obat Penawar Kesulitan Hidup
Kajian Mengenal Diri Mengenal Tuhannya
Buat Tautan ke Postingan ini: Ayat Tentang Ujian Allah dan Azab Allah

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Ayat Tentang Ujian Allah dan Azab Allah