Kamis, 13 Juni 2013

Ketika Kamu Jatuh Cinta? Apakah Dasar Cintamu?

DICINTAI dan MENCINTAI adalah 2  kata yang berasal dari kata CINTA yang menceritakan tentang 2 hal yg tidak berdiri sendiri. Ketika anda Mencintai, maka ada sesuatu yang anda Cintai. Ketika anda Dicintai, maka ada sesuatu yang Mencintai anda.

Ada beberapa arti / definisi cinta. Namun secara umum, cinta didefinisikan (diartikan) sebagai perasaan suka, senang, sayang, kasih, rindu terhadap sesuatu. 

Dicintai dan Mencintai juga dianggap sebagai hak kodrati yang dapat dimiliki oleh setiap orang. Namun ketika 2 kata tersebut diterjemahkan sebagai perasaan memiliki, maka sering kali menimbulkan problem berupa benturan cinta seperti: perasaan cemburu, benci dan dendam, marah, patah hati, putus cinta, dst.

Oleh beberapa penyair, cinta menjadi bagian yang tidak terlepas dari tulisan sajak dan syair mereka. Bahkan di antara mereka ada yg disebut dengan penyair cinta. Dalam dunia entertainment sinetron dan film, judul CINTA juga masih menjadi tema hangat dalam berbagai adegan film mereka yang disukai oleh kalangan remaja dan kaum ibu-ibu.

Harus diakui bahwa cinta memang merupakan hal yg unik, misterius, menyenangkan, problematik, dll. Cinta dapat bertengger di dalam hati dan dapat merasuki akal pikiran. Cinta dapat menjadi power semangat yang membuat seseorang merasa lebih berani, lebih kuat, lebih percaya diri (PD), dll. Cinta juga bagaikan racun yang dapat membuat seseorang kehilangan semangat hidup hingga bunuh diri, putus asa, tidak selera makan dan minum, tidak mau ini dan itu, dst.

Jumpa Pertama Langsung Jatuh Cinta
Apakah anda pernah jatuh cinta? Atau apakah anda pernah mengalami suatu perasaan seperti yang termaktub dalam kalimat terkenal dalam dunia percintaan muda mudi: Jumpa Pertama Langsung Jatuh Cinta. Bahkan kalimat ini diaplikasikan dalam berbagai adegan menarik dalam bentuk advertisement  televisi (iklan pengharum badan, iklan pewangi ruangan, dll).

Kalimat di atas mengungkapkan bahwa ada suatu kekuatan luar biasa yg muncul di saat jumpa pertama yang menimbulkan perasaan langsung jatuh cinta. Mungkin saja  berupa kesan, perasaan, nafsu, kasihan, atau apa saja yg intinya mampu menembus hati dan akal dan mengisinya dengan keindahan cinta.
Pelajarannya, bahwa setiap kita dapat berubah sewaktu-waktu oleh keadaan, lingkungan, atau apa saja tanpa kita sadari bahwa kita telah berobah dari tidak mempunyai perasaan apa-apa menjadi perasaan jatuh cinta.
Hanya pertanyaannya kemudian, ketika anda dalam kondisi tersebut, maka apakah hal yang telah membuat anda langsung jatuh cinta? Apakah karena kecantikan atau ketampanannya saja? Apakah karena pandangan mata atau gerak bibirnya saja? Atau murni didasari karena Nasfu?

love cinta Allah
Tentang cinta, Allah menjelaskan di antaranya dalam ayat cinta berikut ini, silahkan renungkan:

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِندَهُ حُسْنُ الْمَآبِ [٣:١٤]

- “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, Yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).” (QS. Ali-Imran (3): 14)

Selain ayat di atas, persoalan cinta juga dibahas dalam beberapa ayat lainnya termasuk juga di dalam hadist-hadist Nabi.
Buat Tautan ke Postingan ini: Ketika Kamu Jatuh Cinta? Apakah Dasar Cintamu?

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Ketika Kamu Jatuh Cinta? Apakah Dasar Cintamu?