Rabu, 24 Juli 2013

Arti Jihad: Arti Dakwah: Arti Jahat

Di Antara Sebenarnya Penjihad Pendakwah ada SETAN KEMUNGKARAN
Ada orang menyebut dirinya sedang berjihad membela agama Allah, Tapi orang lain menyebut dia TERORIS. Ada orang mengatakan dirinya telah melakukan seruan mendakwah kebaikan. Tapi orang lain menganggap Cara yang dilakukannya, tidak jauh bedanya dengan PENJAHAT (tidak terlihat kebaikannya sedikitpun). Ada Orang mengatakan dirinya membenci PENJAHAT, tapi orang lain melihat dia setiap hari menjadi simpatisan PENJAHAT.

Bagi masyarakat awam mungkin sangat sulit membedakan beberapa terminologi di atas, apalagi jika ditanyakan: tentang apa yang sedang terjadi secara real/live di lapangan: yang mana sih Penjihad (Jihad), yang mana sih Penjahat (Orang Jahat), yang mana sih Pendakwah (Ahli Dakwah), dst. 

Arti JIHAD
Kata Jihad menurut etimologi bahasa Arab berasal dari kata Al Jahdالجَهْد) yang jika difathahkan huruf jimnya maka akan bermakna kelelahan dan kesusahan. Sehingga orang yang berJihad itu adalah orang yang bersusah dan sangat lelah melaksanakan perintah Allah dan Meninggalkan Larangan Allah karena ALLAH semata (lillahi ta`ala). Bukan disebabkan menjadi anggota partai ini atau itu. Bukan juga dikarenakan mengikuti ORMAS ini atau itu.

Jihad semata-mata Karena ALLAH. Jadi: Setiap kita bisa menjadi Penjihad tanpa harus mengikuti partai atau ormas tertentu, selama kita memang bersungguh-sungguh berupaya bahkan hingga merasa susah dan lelah untuk melaksanakan perintah ALLAH karena ALLAH. Di antara perintah ALLAH adalah memerangi orang-orang kafir yang memerangi kaum muslimin (negara Islam). Orang beriman yang mati saat sedang berjihad mendapatkan pahala SURGA.

Ingat kata kuncinya: Jihad itu karena Allah dan bukan karena siapa-siapa serta harus mengikuti cara-cara yang diinginkan ALLAH (AlQuran dan Hadits). Di luar terms ini, tidak disebut JIHAD. 

Kata KUNCI lainnya: Jika anda melamar seorang gadis, maka ikutilah aturan lamaran yang diinginkannya, jika menggunakan cara-cara yg tidak disukainya, dia atau keluarganya tentu tidak mau menerima lamaran anda.

Selain itu, dalam kaidah bahasa Arab, kata Jihad juga disandarkan pada asal kata Al Juhd (الجُهْدُ) yang jika didhommahkan huruf jimnya maka akan bermakna kemampuan. Conthoh dalam lalimat (بَلَغَ جُهْدَهُ) bermakna mengeluarkan kemampuannya. Yaitu kemampuan untuk memerangi hawa nafsu, syahwat, ajakan setan iblis, dll..

Ketika waktu sholat telah masuk, pada saat bersamaan rasa malas dan bisikan setan menyerang diri anda begitu dahsyatnya, maka pada saat itu anda diwajibkan berjihad melawannya agar anda dapat melaksanakan perintah ALLAH, yaitu menegakkan ibadah SHOLAT. Contoh lain: Menolak ajjakan berzina dari seorang wanita atau pria atau sesama jenisnya. Dan banyak contoh lainnya.

Intinya: JIHAD itu tidak menciptakan suasana perang jika tidak ada yang memeranginya. Sebab Islam itu adalah agama SELAMAT yang membawa RAHMAT bukan KERUSAKAN. Jika cara jihad anda merusak apa yang sudah dirahmati ALLAH, maka anda adalah seperti IBLIS yang enggan berjihad mengakui kekurangannya bahwa nabi ADAM adalah makhluk ALLAH yang lebih sempurna dalam segala hal dari pada dirinya. Artinya: ANDA MATI di antara Kesombongan dan kebodohan ANDA, bukan mati di saat JIHAD anda. Atau Anda hidup di atas PERBUATAN ZALIM anda, bukan HIDUP di atas jalan Islam-nya anda, yaitu: JALAN ALLAH.

Arti Dakwah
Dakwah (الدعؤاه) adalah kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah Subhaanahu wa ta'ala sesuai dengan garis aqidah, syari'at dan akhlak Islam. Kata dakwah merupakan masdar (kata benda) dari kata kerja da'a (داع) yad'u (يدعؤ) yang berarti panggilan, seruan atau ajakan.

Makna etimologis Dakwah dapat dilihat dari kata dakwah dalam Al-Quran yang memiliki banyak arti, antra lain :

  • Menyampaikan dan menjelaskan (Bisa anda pelajari di QS Fushilat:24, Yusuf : 108 dll) 
  • Berdo’a dan berharap (bacaQS Al-A’raf : 55) 
  • Mengajak dan mengundang (baca QS Yusuf : 33)

 Khusus tentang Dakwah bisa anda baca di halaman: GERAKAN DAKWAH -> Contoh Dakwah: Jamaah Tabligh

Catatan Sebelumnya:
Mau Didekati ALLAH! Bersabarlah dan Sholatlah!
Buat Tautan ke Postingan ini: Arti Jihad: Arti Dakwah: Arti Jahat

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Arti Jihad: Arti Dakwah: Arti Jahat