Senin, 22 Juli 2013

Pahala Puasa Ramadhan adalah Iman dan Takwa

Ada orang ceramah, jika hikmah ramadhan adalah merasakan lapar dan haus seperti mereka para faqir miskin yang susah dan sulit mendapatkan makanan sehari-hari. Lantas apa hikmahnnya bagi orang miskin jika mereka juga melaksanakan ibadah puasa ramadhan? Ngabuburit? Buka Puasa Bersama?

Kewajiban Puasa Ramadhan
Puasa ramadhan sebenarnya tidak ada kaitannya dengan anda kaya ataupun tidak kaya. Juga tidak ada hubungan dengan posisi anda sebagai seorang presiden atau pun anda hanya rakyat jelata yang miskin. Dan sama sekali juga tidak berkaitan dengan jabatan anda sebagai anggota dewan yang dihormati atau anda sebagai tukang kuli bangunan yang diperintah sana sini.

Coba anda baca dalam surah al-Baqarah berikut ini:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

 “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Di dalam ayat tersebut: tidak dipanggil: hai kamu yang kaya berpuasalah atau hai kamu yang miskin berpuasalah atau hai kamu pejabat kaya berpuasalah. Sama sekali tidak ada teks seperti itu dalam ayat tersebut.

Yang dipanggil di dalam ayat di atas adalah mereka orang-orang yang beriman saja. Apapun posisi dan kondisi anda saat ini, selama anda beriman, maka anda dikenakan kewajiban untuk melaksanakan ibadah puasa ramadhan.

Tentang yang dimaksud iman (beriman), sebuah hadits Rasulullah di bawah ini menjelaskan kepada kita:

 الإيمان أن تؤمن بالله وملائكته وكتبه ورسله واليوم الآخر وتؤمن بالقدر خيره وشره

Iman adalah engkau mengimani Allah, mengimani Malaikat-Nya, mengimani Kitab-kitab-Nya, mengimani para Rasul-Nya, mengimani hari kiamat, mengimani qadha dan qadar, yang baik maupun yang buruk (HR. Muslim no.102, 108)

Hikmah Puasa Ramadhan adalah Takwa
Berdasarkan prolog di atas, maka hikmah puasar Ramadhan bukan hanya untuk orang kaya saja, tapi juga untuk siapa saja mereka yang beriman baik dia kaya atau pun miskin, dst-nya. Jadi bagi anda yang saat ini dalam kondisi faqir dan miskin, jangan khawatir jika anda tidak mendapatkan hikmah ramadhan, Insya Allah anda akan mendapatkannya, yaitu pahala ALLAH di mana Allah sendiri yang akan membalas puasa anda.

Selain itu, setiap kita yang beriman, diwajibkan melaksanakan puasa ramadhan dengan tujuan agar kita bertakwa kepada Allah.  Di antara definisi takwa seperti disampaikan oleh  Thalq Bin Habib Al’Anazi (Siyar A’lamin Nubala, 8/175)

العَمَلُ بِطَاعَةِ اللهِ، عَلَى نُوْرٍ مِنَ اللهِ، رَجَاءَ ثَوَابِ اللهِ، وَتَرْكِ مَعَاصِي اللهِ، عَلَى نُوْرٍ مِنَ اللهِ، مَخَافَةَ عَذَابِ اللهِ

Taqwa adalah mengamalkan ketaatan kepada Allah dengan cahaya Allah (dalil), mengharap ampunan Allah, meninggalkan maksiat dengan cahaya Allah (dalil), dan takut terhadap adzab Allah

Selanjutnya semoga kita semua termasuk orang-orang yang beriman dan mendapatkan gelar Takwa dari Allah Amin
Buat Tautan ke Postingan ini: Pahala Puasa Ramadhan adalah Iman dan Takwa

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Pahala Puasa Ramadhan adalah Iman dan Takwa