Selasa, 24 Desember 2013

Bahkan Sahabat Nabi Saja Terbunuh, Kemana Ilmu Selamatnya?

Seorang sahabat kaskuker asal Sulawesi, sebut saja namanya Daeng (nama samaran), begitu bersemangat bercerita dan menanggapi diskusi tentang Islam, dalam forum diskusi publik di kaskus. Isi diskusipun bermacam-macam hingga pada persoalan ilmu keselamatan, dan lain sebagainya.

kisah sahabat nabi yang terbunuh
Ketika menanggapi berbagai macam jenis ilmu keselamatan yang ada di Indonesia termasuk beberapa ilmu keselamatan dari daerah Sulawesi dan Jawa, sahabat ini begitu bersemangat mengatakan tidak ada ilmu keselamatan dalam Islam. Di antara alasan yang dikemukakannya adalah: kalau ada ilmu selamat, maka tentu saja semua sahabat Nabi tidak ada yang mati terbunuh.

Mengenal Arti Islam
Sebelum kita membahas tentang para Sahabat Nabi,  saya mengajak anda mengulang pembahasan tentang arti kata Islam sebagai nama agama bagi Kaum Muslimin (umat Islam) di seluruh dunia.

Kata Islam atau al-islām (الإسلام) menurut bahasa Arab adalah bentuk kata benda (masdar /مصدر) dari perubahan kata kerja (Fi`il/فعل): aslama ( yg berarti  telah selamat/mendapatkan keselamatan/memberikan keselamatan)-yuslimu (sedang/akan selamat/memberikan keselamatan) menjadi kata Islaman yang berarti keselamatan. Perubahan lengkapnya (Tashrif / التصريف): Aslama (اسلم)-Yuslimu (يسلم)-Islaman (اسلاما)-wa Muslaman (ومسلما)-Fahuwa Muslimun (فهو مسلم)– Wa zaka Muslamun (وذاك مسلم)-Aslim (اسلم)-Laa Tuslim (لاتسلم)-Muslamun (مسلم).  Silahkan Baca Kamus Islam.

Arti Sahabat Nabi
Di antara Pengertian Sahabat Nabi (ash-shahaabah, الصحابه) adalah  mereka yang beriman yang pernah bertemu dengan Rasulullah (semasa hidup Rasulullah) secara nyata (bukan bertemu di alam gaib atau alam mimpi) dan turut membantu perjuangan Rasulullah SAW dalam menyebarkan agama Islam (kaum munafik dan kafir tidak termasuk dalam hal ini). Jika ada orang yg beriman di zaman ini, dan mengaku telah bertemu dengan rasulullah dalam mimpi atau cara lainnya, maka dia juga tidak dapat disebut sebagai Sahabat Nabi dalam pengertian ini.

Sahabat Nabi Mati Terbunuh?
Menurut tutur sejarah Islam, di antara para sahabat nabi ada yang meninggal dunia karena terbunuh di saat melakukan ibadah sholat, dan ada juga yang terbunuh di medan laga ketika mereka ikut berperang melawan kaum kafir saat itu. Bahkan di antara para sahabat yang terbunuh tersebut, merupakan sahabat yang sangat dekat dengan Rasulullullah Shollallahu `Alaihi wasallam seperti anggota Khulafaur Rasyidin: Umar bin Khattab ra, Utsman bin Affan raAli bin Abi Thalib ra, dll. Seluruh sahabat nabi tersebut, meninggal dalam keadaan sebagai orang yang syahid.

Kemudian Pertanyaanya?
Jika para sahabat Nabi saja mati terbunuh, lantas apakah Islam mengenal ilmu keselamatan? Jawaban singkat tentang hal ini, telah kami singgung dalam postingan artikel 29 Maret tahun 2010 yang lalu: Silahkan baca di: Ilmu Kebal Apakah Dari Islam?

Wallahu A`lam Bishowab
Buat Tautan ke Postingan ini: Bahkan Sahabat Nabi Saja Terbunuh, Kemana Ilmu Selamatnya?

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Bahkan Sahabat Nabi Saja Terbunuh, Kemana Ilmu Selamatnya?