Selasa, 31 Desember 2013

Perbedaan Antara Malaikat dan Manusia

Di kalangan umat penganut agama samawi seperti agama Islam, istilah Malaikat sudah umum dikenal bahkan menurut ilmu tauhid (ushuluddin), mengimani adanya malaikat adalah wajib dan termasuk bagian dari Rukun Iman.

Menurut Etimologi (Bahasa Arab)
perbedaan malaikat dan manusia
Kata “Malaikat” dalam kaidah bahasa Arab merupakan kata jamak yang berasal dari kata dasar malak (ملك) yang berarti kekuatan, yang berasal dari kata mashdar “al-alukah” yang berarti risalah atau misi, kemudian sang pembawa misi biasanya disebut dengan Ar-Rasul.

Menurut Terminologi Islam
Malaikat (Bahasa Arab: ملاءكة; transliterasi: Malaikah) adalah makhluk yang diciptakan Allah yang memiliki kekuatan-kekuatan atau kemampuan tertentu dan selalu patuh (taat) pada ketentuan dan perintah Allah.

Perbedaan Malaikat dan Manusia
Di antara perbedaan utama antara manusia dan malaikat adalah:
  • Malaikat Tercipta secara mutlak (absolut) untuk bisa selalu taat kepada Allah. Sedangkan manusia, diciptakan dengan pilihan untuk bisa taat kepada Allah dengan balasan mendapatkan pahala surga, dan bisa juga ingkar dengan balasan dari Allah berupa neraka
  • Malaikat termasuk makhluk gaib (tidak terlihat oleh pandangan mata zahir) kecuali atas kehendak Allah. Sementara manusia bisa dilihat oleh siapa saja.
  • Tidak diragukan jika Malaikat bisa hidup/tinggal di berbagai dimensi alam semesta ciptaan Allah seperti di langit (angkasa), arsy, dll tanpa memerlukan bantuan peralatan apapun untuk oksigen,  sedangkan manusia, hanya untuk tinggal di bulan saja, harus memakai masker/helm oksigen plus perangkat baju luar angkasa.
  • Manusia diciptakan dengan kelengkapan peralatan akal dan kontrol nafsu, sedangkan malaikat tidak. Karenanya, manusia dapat berinovasi, berkembang, menikah, beranak pinak, membuat kerusakan di muka bumi, melakukan pertumpahan darah, dll sementara malaikat hanya mengerjakan apa yang sudah diperintahkan saja
  • Manusia diciptakan dari unsur tanah sementara malaikat tercipta dari unsur cahaya (nur)
Artikel Lainnya:
Mata Gaib Setajam Mata Malaikat Menembus Kegaiban
Buat Tautan ke Postingan ini: Perbedaan Antara Malaikat dan Manusia

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Perbedaan Antara Malaikat dan Manusia