Sabtu, 04 Oktober 2014

Idul Adha 2014 & Puasa Arafah 9 Dzulhijjah 1435 H

Rukun Islam ke-5 Ibadah Haji
Dalam kalender Islam, saat ini adalah bulan Dzulhijjah atau lebih dikenal di kalangan kaum muslimin muslimah dengan sebutan bulan haji. Di bulan ini, umat Islam di seluruh dunia yang memiliki kemampuan, melaksanakan rukun Islam yang ke-5 yaitu menunaikan ibadah haji ke Mekkah al-Mukarromah.  Di bulan ini, tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah, dikenal juga sebagai Hari Raya Idul Adha (Hari Raya Kurban / Qurban).

Kapan Hari Raya Idul Adha 2014 di Indonesia
gambar hari raya idul adha 2014
Berdasarkan hasil keputusan sidang isbat yang dilakukan oleh pemerintah dan para tokoh ulama Indonesia yang meneliti hasil rukyah (pemantauan) hilal di 70 titik seluruh Indonesia, dinyatakan jika hilal tidak terlihat. Karena itu, pemerintah menetapkan jika 10 Dzulhijjah atau Hari Raya Idul Adha 1435 jatuh pada hari Minggu, 5 Oktober 2014. Artinya, Puasa Arafah jatuh pada Sabtu, 4 Oktober 2014.

Walaupun sudah ada penetapan dari pemerintah, di kalangan kaum muslimin Indonesia ternyata terjadi perbedaan dalam menentukan kapan mereka akan melaksanankan sholat Hari Raya Idul Adha..

PP Muhammadiyah misalnya, menetapkan tanggal 10 Zulhijjah 1435 Hijriah telah dimulai sejak tanggal 3 Oktober 2014 sore hingga 4 Oktober 2014 (Sholat Idul Adha pada hari Sabtu). Muhammadiyah menggunakan pedoman bahwa pergantian tanggal pada kalender Hijriah dihitung sejak tenggelamnya matahari. Artinya, jika matahari terbenam, maka tanggal pun sudah berganti.

Lebih cepat dari Muhammadiyah dan Pemerintah adalah Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Sumatera Barat yang sudah melaksanakan sholat Hari Raya Idul Adha pada Jumat 3 Oktober 2014 ini.

Hari Raya Idul Adha di Arab Saudi
Berbeda dengan kondisi keseluruhan daerah di Indonesia, Pemerintah Arab Saudi menetapkan bahwa yaumil arafah jatuh pada Jumat, 3 Oktober 2014. Pada saat itu, umat Islam yang tidak berhaji disunahkan melaksanakan puasa Arafah.  Artinya, Hari Raya Idul Adha di Arab Saudi jatuh pada hari Sabtu pada tanggal 4 Oktober 2014 sama seperti yang ditetapkan oleh PP Muhammadiyah.

Hari Raya Idul Adha di Negara-Negara Asia Selatan
Jika sebagian besar wilayah di dunia merayakan Idul Adha tahun ini antara tanggal 4 atau 5 Oktober. Namun, tidak demikian dengan negara-negara di Asia Selatan, seperti di India, Pakistan, dan Bangladesh. Mereka merayakan hari raya kurban pada 6 Oktober.

YMAN Menyampaikan Ucapan:
Selamat Menunaikan Ibadah Haji
Selamat Merayakan Hari Raya Idul Adha 2014
Buat Tautan ke Postingan ini: Idul Adha 2014 & Puasa Arafah 9 Dzulhijjah 1435 H

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Idul Adha 2014 & Puasa Arafah 9 Dzulhijjah 1435 H