Selasa, 10 November 2015

Hari Pahlawan Nasional Indonesia 10 November 2015

Setiap tanggal 10 November, Indonesia memperingati hari pahlawan nasional untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa, yaitu semua orang yang telah memberikan kontribusi besar bagi perjuangan kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia.

hari pahlawan nasional
Istilah kata pahlawan berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti phala-wan, yaitu orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala=pahala) yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama.

Adapun istilah Pahlawan Nasional Indonesia adalah:
  • Pada masa Pra Kemerdekaan Indonesia, yaitu para pejuang kebangsaan yang telah menunjukkan dedikasi pengabdian yang luar biasa bagi bangsa dan negara yang dibuktikan dengan keberaniannya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, rela berkorban demi bangsa dan negara. Sebagian besar mereka telah gugur di medan pertempuran.
  • Pada masa Pasca Kemerdekaan Indonesia, yaitu orang-orang yang diakui oleh pemerintah Indonesia telah memberikan kontribusi luar biasa bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia dalam bidang tertentu seperti pembangungan bangsa, pendidikan, ataupun lainnya. Tahun ini misalnya, telah diusulkan 2 orang mantan presiden RI, yaitu H Soeharto dan KH. Abdurrahman Wahid untuk mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Nasional Indonesia, dan rencananya akan dibahas pada tahun depan.
Hikmah Pahlawan Bangsa
Bicara tentang pahlawan bangsa, kita mungkin akan mengingat atau membaca cerita-cerita nyata tentang keberanian para pejuang bangsa yang dengan gagah dan berani melawan para penjajah. Mereka rela mengorbankan nyawa demi memperjuangkan dan mempertahankan tanah air yang saat ini sudah bisa kita nikmati sebagai negara Indonesia yang merdeka.

Sebagian pejuang bangsa, bahkan tidak sempat menyicip bagaimana nikmatnya kemerdekaan yang telah mereka perjuangkan, karena mereka lebih dahulu gugur di medan laga ketika terjadi pertempuran berdarah yang mematikan.

Karena itu, kita sebagai pewaris kemerdekaan, sudah sepatutnya bersyukur kepada Allah dan tidak melupakan jasa para pahlawan bangsa kita yang syahid.  Menghargai dan menghormati perjuangan mereka dengan berbuat sesuatu yg berharga, bermanfaat bagi negara kita.


Buat Tautan ke Postingan ini: Hari Pahlawan Nasional Indonesia 10 November 2015

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Hari Pahlawan Nasional Indonesia 10 November 2015