Rabu, 06 Februari 2019

Hadist Tentang Al-Quran Dibaca Hanya Sampai di Kerongkongan Saja

Al-Quran termasuk kitab suci dalam agama Islam, yang berisikan panduan kehidupan bagi umat manusia bagaimana menjadi manusia yang benar, mengenal Siapa Tuhannya, Siapa dirinya sebagai manusia, mengenal bagaimana lingkungannya (di mana iya hidup), dll

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

 يَخْرُجُ نَاسٌ مِنْ قِبَلِ الْمَشْرِقِ وَيَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ لاَ يُجَاوِزُ تَرَاقِيَهُمْ ، يَمْرُقُونَ مِنَ الدِّينِ كَمَا يَمْرُقُ السَّهْمُ مِنَ الرَّمِيَّةِ ، ثُمَّ لاَ يَعُودُونَ فِيهِ حَتَّى يَعُودَ السَّهْمُ إِلَى فُوقِهِ “

Akan keluar manusia dari arah timur dan membaca Al-Qur’an namun tidak
melewati kerongkongan mereka. Mereka melesat keluar dari agama sebagaimana halnya anak panah yang melesat dari busurnya. Mereka tidak akan kembali kepadanya hingga anak panah kembali ke busurnya.” (HR. Bukhari) 

Akan ada jenis orang-orang dimana ia bisa membaca teks-teks Quran, namun iya tidak mengerti, memahami, dan tidak mengamalkan isi dari teks Quran itu.

Misalkan Al-Quran mengingatkan manusia dengan menjelaskan bahwa:

 ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ 

Telah nampak kerusakan di daratan dan di lautan disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah membuat mereka merasakan sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar) Surat Ar-Rum Ayat 41

Yang sudah membaca ayat ini tidak 1 atau cuma 2 orang saja dari kalangan umat Islam maupun non-Islam, akan tapi tidak terhitung jumlahnya yang sudah membaca bahkan menghapalkannya di luar kepala,,, tapi yang mampu mengamalkan apa maksud sindirian dari ayat itu bagaikan perbandingan lebih sedikit orang atau kelompok atau organisasi atau negara yang mampu mengamalkannya dengan baik dari pada orang atau kelompok yang sudah membaca dann menghapalkan teks ayatnya.

photo-al-quran-kitab-suci-umat-islam

Contoh sederhana
  • Jika anda bisa menanam pohon dengan baik dan tidak merusak ekosistem pepohonan, maka pada hakekatnya anda telah mengamalkan ayat ke-41 surah ar-Rum di atas, salah satu dari 1 ayat dari ayat-ayat al-Quran yang ada... dan anda termasuk bukan orang yang membaca alQuran hanya sebatas di tenggorokan saja, tapi termasuk pengamal al-Quran. 
  • Saya pernah menonton di program tv Animal Planet, organisasi penyelamat ikan paus penjaga dan pelestari ikan paus ternyata muncul dari negara Australia. Sebaliknya dari menjaga, tapi menjadi pemburu liar, yaitu para pembunuh ikan paus untuk dijual, dilakukan oleh kapal-kapal pengusaha dari Jepang 
  • Apakah anda tahu negara mana yang pertama kali pada beberapa tahun yang lalu mulai berbicara tentang Global Warming panas bumi dan berusaha mengingatkan semua negara tentang kerusakan hutan dan atmosfer bumi? Apakah negara Islam?
Selain ayat tentang kerusakan alam, di al-Quran juta terdapat juga ayat-ayat tentang perbuatan baik dan perbuatan buruk, cara bersosial, cara berpolitik, cara berperang yang benar, cara berbisnis, cara berdagang, dan panduan kehidupan lainnya.

Semoga anda yang membaca artikel ini dan kami termasuk di antara orang yang tidak saja bisa mengimani dan membaca al-Quran tapi juga bisa mengamalkannya dengan baik.

Rasulullah menyampaikan berita bahwa: sebaik-baik orang di antara kamu adalah orang yang mempelajari al-Quran dan mengajarkan lagi al-Quran itu kepada orang lain.
Buat Tautan ke Postingan ini: Hadist Tentang Al-Quran Dibaca Hanya Sampai di Kerongkongan Saja

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Hadist Tentang Al-Quran Dibaca Hanya Sampai di Kerongkongan Saja