Minggu, 03 November 2019

Arti Zikir Adalah Mengigat Allah, Menyebut Nama Allah

Majlisasmanabawi.net. Sederhananya arti Zikir atau Dzikir menurut bahasa (etimologi), bahasa Arab: الذكر, translit. al-żikr, adalah ingatan, memori, atau mengingat. Dalam hal ini yang menjadi ingatan atau yang diingat adalah Allah. Adapun orang yang melakukan zikir disebut dzaakir (ذاكر).

arti zikir menurut bahasa etimologi dzikir Allah

Zikir diartikan juga menyebut nama Allah dan memuji Allah, yaitu menyebut atau memuji Allah baik dengan lisan, hati, akal, diikuti oleh seluruh tubuh menggunakan kalimat-kalimat thayyibah. Berdasarkan yang diajarkan oleh Rasulullah ﷺ seutama-utamanya kalimah zikir itu adalah kalimat Laa ilaaha illallah:

((عن جَابِر بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: (( أَفْضَلُ الذِّكْرِ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ ، وَأَفْضَلُ الدُّعَاءِ: الْحَمْدُ لِلَّهِ  

Artinya:
Dari Jabir bin Abdullah berkata, “Saya mendengar Rasulullah ﷺ. bersabda: “Dzikir yang paling utama adalah Laa Ilaaha Illallahu dan doa yang paling utama adalah Al-hamdu Lillah.” (HR. Tirmidzi no. 3305, Ibnu Majah no. 3790, Ibnu Hibban, dan al-Hakim. Al-Hakim menshahihkannya, sedangkan syaikh Al-Albani menghasankannya dalam Shahih Sunan Tirmidzi no. 2692).

Menurut definisi istilah, zikir adalah sebuah aktivitas ibadah dalam umat Muslim yang bertujuan untuk mengingat Allah, menyembah Allah. Aktivitas ibadah ini bisa dalam bentuk sholat yang wajib maupun yang sunnah, berdoa, berbuat kebaikan, mengajak orang berbuat baik, membuat pengajian dakwah, memberikan bimbingan Islam, bertasbih (menyucikan Allah, bertahmid (memuji Allah), bertakbir (membesarkan Allah), beristighfar (memohon ampunan dosa), dan semua ibadah yang ditujukan kepada Allah.

Dalam praktek-praktek meditasi zikir, thariqah, sufistik, spiritual Islam, adalah usaha untuk selalu fokus dalam mengingat Allah dengan cara menghadirkan hati, akal, niat, seluruh jiwa dan raga tertuju hanya kepada Allah. Dalam praktek meditasi zikir, jika anda mengatakan bahwa anda sedang melakukan zikir, tapi anda tidak mengingat Allah, maka anda belumlah berzikir. Karena inti dari pada berzikir itu adalah mengingat Allah atau menyebut nama Allah atau yang dituju adalah Allah.

Buat Tautan ke Postingan ini: Arti Zikir Adalah Mengigat Allah, Menyebut Nama Allah

Animasi Button Majlisasmanabawi: animasi majlisasmanabawi copy paste di sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

Komentar Pesbuker: Arti Zikir Adalah Mengigat Allah, Menyebut Nama Allah